Steam Turbine

Nulis lagi yang aga serius….kebetulan baru baca…

Mungkin Kita sering mendengar istilah Steam Turbine. Ya..Steam turbine memiliki kegunaan salah satunya adalah untuk menggerakkan generator listrik sehingga menghasilkan Listrik yang bisa menerangin rumah-rumah kita.

Pada Prinsipnya Steam turbin berfungsi sebagai penggerak generator Listrik, Pompa, Kompresor dan sebaginya atau kerennya disebut prime mover. Fungsi utamanya sama dengan Motor yaitu menggerakan sesuatu. Yang membedakan antara Steam turbine dan motor adalah, sumber energi yang digunakan. Motor menggunakan Listrik,  sedangkan Steam turbine mengunakan energi yang tersimpan pada steam yang berupa tekanan dan panas, untuk menghasilkan energi gerak. Pemanfaatan energi ini dilakukan dengan mengurangi tekanan pada steam. Misalkan dari steam dengan Tekanan 42 kg/cm2.G pada temperatur 370 deg C menjadi 17 kg/cm2.G.

Pada dasarnya berdasarkan kondisi keluaran steam, steam turbin dapat dibagi menjadi dua tipe, (1) Turbin Condensing, turbin akan mengambil energi dari steam hingga steam tersebut siap mengembun pada tekanan atmosperik. Karena pada turbin tidak diperbolehkan adanya cairan maka keuaran turbin di desain untuk sedikit vakum atau dibawah atmosperik. (2) Turbin Back Pressure, Turbin ini akan menghasilkan tekanan exhaust lebih besar dari atmosperik.

Secara Fisik Turbin condensing memiliki ukuran yang besar dibandingkan dengan turbin backpressure untuk keluaran output yang sama besarnya. Turbin backpressure biasanya banyak menggunakan alat yang berputar pada kecepatan tinggi.

Perpaduan dari kedua tipe ini sering dinamakan extracting turbin atau induction turbin. Prinsip kerja dari sistem ini cukup berbeda. Extracting turbin akan mengeluarkan steam pada kondisi intermediet sehingga bisa digunakan kembali untuk peralatan lain, sehingga penggunaan turbin jenis ini adalah untuk meningkatkan efisiensi penggunaan energi dengan menghindari digunakannya reducing valve yang tidak efisien karena penggunaan valve berarti membuang energi tanpa menggunakannya terlebih dahulu. Sebaliknya dengan Induction turbin, Induction turbin ini akan menggunakan Steam yang berasal dari peralatan lain yang masih memiliki tekanan dan temperatur yang masih memadai. Steam akan masuk pada stage yang memiliki tekanan steam mendekati dengan steam yang akan masuk, kemudian akan di mixing di dalam turbin sehingga meningkatkan jumlah steam yang masuk kedalam turbin.

Induction turbin bisa menggunakan Condensing Turbine atau backpressure tergantung kondisi yang diinginkan.

Demikian sedikit mengenai steam turbin yang bisa aku sharing. moga manfaat.

Sumber : Industrial Steam Turbine Control Woodward.

About these ads

13 thoughts on “Steam Turbine

  1. Pak menurut saya, secara prinsip kerja turbin sama dengan pompa dan compresor, sdangkan generator listrik sama dengan motor listrik.

    Terima kasih atas ilmunya pak

    • terima kasih atas kunjungannya. seperti yang saya katakan dalam tulisan tersebut, antara turbin, pompa dan kompressor memilik hubungan yang sangat erat. ketiga alat tersebut bekerja dengan menggunakan perbedaan tekanan. perbedaan antara ketiganya adalah Turbin menggunakan tekanan untuk menghasilkan kerja(biasanya berupa gerak), pompa menggunakan kerja untuk memberikan tambahan energi ke dalam fluida, sehingga tekanan berubah dari rendah menjadi tinggi. kompressor mirip dengan pompa yang membedakan adalah fluida kerjanya. bila pompa hanya digunakan untuk fluuida cair sedangkan kompressor hanya digunakan untuk fluida gas.
      berbeda lagi antara generator listrik dan motor listrik. generator listrik menghasilkan listrik dengan menggunakan energi gerak dari turbine atau yang lainnya. sedangkan motor listrik mengkonsumsi listrik untuk menghasilkan energi gerak, seperti didalam prime mover pompa pada umumnya.

      demikian yang saya tahu pak.

      • Pak, punya buku yang membahas ttg steam turbine mendetail?
        Mohon disebutkan judul, penulis, dan dimana bisa diperoleh.

        Salam,
        Son

      • Kebetulan saya tidka punya banyak referensi tentang steam turbine, tapi buku yang pernah saya baca adalah Steam turbine, design, aplication and re-rating. dulu saya dapat dari ineternet.

  2. berarti pak bila ada mesin yang terdiri dari generator dan steam turbin maka dapat kita anggap bahwa generator adalah mesin utama sedangkan steam turbine mesin pendukung. apakah bisa saya katakan demikian?

    • mas erik, maaf apabila pejelasan saya tidak memuaskan dan membuat mas erik bingung.
      pertama saya mau menjelaskan mengenai steam turbine. Steam turbine adalah sebuah alat yang memanfaatkan energi dari uap untuk menghasilkan energi mekanik, seperti putaran, berikut saya kutipkan dari bukunya walas Chemical process equipment “…Turbine utilize the expansion of steam or gas to deliver power to a rotating shaft…” terjemahan bebasnya, turbine digunakan untuk mengekspansi kukus atau gas untuk memberikan power kepada poros.

      Kedua, bila yang dimaksud adalah unit pembangkit listrk maka generator adalah alat untuk membangkitkan energi listrik dari energi mekanik berupa putaran, sumber putaran bisa berupa energi potensial dari air, energi dari steam atau gas yang di expansi.

      kesipulannya, untuk unit pembangkit listrik bisa dikatakan bahwa generator adalah salah satu unit utama dari system tersebut steam turbine, boiler, merupakan unit utama yang tak mungkin diabaikan bila akan dibuat pembangkit listrik tenaga uap.

      demikian penjelasan saya…semoga membantu….selamat belajar…

  3. mas, mau tanya dong..

    untuk steam turbine kan pasti ada generator listriknya tuh.. sebenernya apa aja sih yang harus di desain untuk sebuah generator listrik dari steam turbine??

    bingung banget nih mas..

    mohon pencerahannya..

    • terima kasih atas kunjungannya,

      pertanyaan yang sangat berat bagi saya, karena kebetulan saya tidak begitu faham dengan ilmu listrik.
      posisi says disini bukan untuk menjawab pertanyaan saudara, saya cuma ingin berdiskusi jadi kemungkinan salah besar sekali.

      yang saya tahu, produksi listrik melibatkan medan magnet dari magnet alam dan perubahan luasan kumparan, kalau ga salah ini hukum faraday, kebetulan kemarin saya buka buku elektrik ada persamaan rated output power = K X Dg^2 X Lc X ns dengan Dg adalah diameter bore dari stator, LC panjang Stator, dan ns adalah kecepatan putaran dari rotornya. sedangkan K adalah konstanta dari design generator, mungkin yang menentukan adalah manufacturenya.

      mohon maaf cuma itu yang bisa saya sampaikan, semoga membantu….

      terima kasih,
      adam radiman

  4. pak saya mau nanya nih,
    antara Turbin dan diesel, sebenarnya lebih effisien yang mana sih dari segi biaya operasional dengan output yang sama?
    kalau diesel biaya operasional yang paling besar adalah Fuel diesel, kalau turnine apa pak?, mohon penjelasannya

    • terima kasih atas kunjungan dan pertanyaannya,

      saya tidak hendak menjawab, hanya berdiskusi.
      melihat effisiensi dari sebuah alat perlu perhitungan yang seksama, banyak aspek yang perlu diperhitungkan. dari segi operasional, mungkin diesel akan lebih murah dibandingkan dengan steam turbine.
      mahalnya steam turbine diakibatkan karena steam yang dijadikan penggerak berasal dari alat lain, tidak seperti diesel. harga steam mungkin akan lebih mahal dari bahan bakar bergantung kepada tekanan dari steam itu sendiri.
      harga steam dihasilkan dari
      1. harga air
      2. harga bahan kimia yang dibutuhkan
      3. harga bahan bakar untuk boiler dan sebagainya.

      tapi sebagai gambaran, dulu ditempat saya bekerja harga steam dengan tekanan sekitar 40kg/cm2 ada dikisaran $20/ton pada saat itu harga solar (international sekitar $600/ton. tapi ini semua bergantung kepada banyak hal, gambaran harga tadi tidak bisa dijadikan acuan untuk perhitungan, karena system setiap pabrik mungkin berbeda.
      semoga membantu

      • Terima kasih penjelasannya pak Radiman,
        Yang saya mau tanyakan lagi, bahan kimia apa yang dibutuhkan dalam menggerakkan steam dan pengaruh bahan kimia itu seperti apa terhadap kinerja steam?

  5. kalau melihat cara kerja dari ketiga steam turbine, apakah ada perbedaan dari jenis governor valve^y? maksih wejangannya pak…

    • terima kasih telah berkunjung,
      saya kurang begitu faham untuk governor tapi yang saya baca governor adalah sebuah alat yang mengendalikan kecepatan dari blade turbine, dengan merubah posisi bukaan dari valvenya. kalau dari definisi tersebut, governornya harusnya sama saja untuk berbagai jenis turbine. yang munngkin membedakan adalah kelas dari governor dan manufacturenya, manufacture yang akan memberikan garansi tetang governornya…

      semoga membantu…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s