Tujuan Hidup

Pagi yang cerah, mentari pun bersinar menghangatkan dunia. Sungguh indah dunia ini, bila kita bersyukur atas apa yang ada ditangan kita. Tapi sungguh menderita ketika kita hanya mellihat apa yang orang lain peroleh.

Ketika kita berpikir tentang apa yang orang lain dapat maka kita lupa dengan apa yang kita punya. Pada akhirnya kita hanya bisa menggerutu, menistakan dan tidak bersyukur. Padahal Alloh telah menegaskan untuk bersyukur dengan apa yang kita punya atau bersiaplah dengan azab yang sangat pedih.

Dengan memikirkan apa yang orang lain peroleh, maka waktu kita akan habis tanpa bisa memikirkan apa yang kita perbuat kedepannya. Akibatnya, kita tidak memiliki tujuan hidup yang jelas. Walau tujuan itu ada, kita tidak akan sempat memikirkan langkah-langkah yang harus di lakukan untuk mendapatkan tujuan akhir kita.

Banyak diantara kita yang hanya berpikir tentang hasil yang akan diperoleh. Akibatnya tidak sedikit orang yang kecewa dengan hasil yang dia peroleh. Padahal Alloh menyuruh kita berusaha, dan tawakal atas hasil yang akan diperoleh, karena itu adalah urusan Alloh. Menikmati proses pencapaian, dan bertawakal atas apa yang dihasilkan itu yang penting. 

Dalam mempersiapkan proses pencapaian, ada beberapa langkah yang harus dikerjakan

  1. Tentukan tujuan yang jelas, perlu di tentukan tujuan jangka panjang, dan jangka pendeknya. agar tidak bertumpuk dan membuat kepala jadi pusing karena kebanyakan tujuan dalam jangaka waktu tertentu. Pisahkan Tujuan yang harus di capai pada waktu seminggu, sebulan, setahu, 10 tahun dsb.  
  2. Tujuan harus dapat diukur, agar mudah mengidentifikasi apakah tujuan tersebut telah tercapai atau belum. misal jangan membuat tujuan dalam setahun harus punya uang. disini tidak jelas uang yang harus dimiliki berapa? sehingga parameter tujuan itu tercapai atau tidak, tidak ada.
  3. Terjemahkan Tujuan menjadi langkah detail. agar tujuan itu bisa tercapai terjemahkan tujuan menjadi langkah yang lebih detail dan sederhana. Agar lebih mudah untuk melakukannya.
  4. Tentukan deadline dari langkah detail, Untuk dapatk mengukur seberapa besar keberhasilan yang telah dicapai.
  5. Cari teman untuk mengingatkan deadline dan tujuan yang telah ditentukan.
  6. nah yang tak kalah penting adalah, disiplin.walaupun tujuan dan langkah pencapaian telah disusun dengan bagus, tapi kalau tidak di kerjakan sama dengan bohong. Tujuan tidak akan pernah tercapai.

semoga semua tujuan hidup yang telah ditentukan dapat tercapai. tapi tidak perlu susah nyari tujuan hidup. Alloh telah megarahkan kalo tujuan hidup manusia adalah beribadah. Tinggal mengnerjemahkan Ibadah seperti apa yang akan dilakukan.

selamat mencoba dan semoga sukses dengan tujuan hidupnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s