Orang Tua…..

seorang anak manusia Alloh ciptakan melalui perantara orang tua (tapi bukan berarti Alloh lemah). hampir dapat dipastikan bahwa manusia di dunia ini memiliki orang tua. baik orang tua yang mereka lihat sampai mereka dewasa atau orang tua yang tak pernah mereka ketahui.

pengorbanan orang tua untuk anaknya begitu besar, mulai dari hamil, melahirkan mengurus dan mendidiknya. tak sedikit yang telah meraka korbankan.

aku ingat ketika kakan-kakak ku mulai kuliah(walau pada saat itu biaya kuliah relatif murah, sekitar 500RB persemester) tapi untuk orang tuaku yang cuma pedagang dan guru sd itu merupakan biaya yang besar. belum ditambah dengan uang buku, transportasi dari rumah ke kampus (maklum rumah kami ada dipinggiran kota).

setiap awal semester orang tua ku pasti panik, khawatir takut ga bisa bayar uang spp untuk ke dua kakak ku. tapi Alloh selalu memberi jalan keluar untuk masalah ini. dan alhamdulillah kedua kakakku dan aku sendiri sudah bisa menyelesaikan kuliah.

sekarang orang tuaku(mungkin)lebih ringan bebannya, orang tuaku sekarang dah pensiun, kakak-kakak ku setiap bulan menyumbang untuk keperluan listrik dan ledeng. yah, kalo urusan dunia mah aku pikir dah cukup ga perlu repot-repot lagi seperti ketika kami semua kuliah.

aku bangga kepada kedua orang tuaku, mereka ga peduli apa yang akan terjadi pada diri mereka yang penting anak-anaknya bisa sekolah dengan baik, sehingga memiliki kehidupan ekonomi yang lebih baik dari mereka.

itu lah orang tua ga segan untuk mengeluarkan apa yang mereka punya untuk kepentingan anak-anaknya. tidak seperti kita anak-anaknya yang masih berpikir sekalinya orang tua kita minta tolong.

semoga tulisan ini menjadi inspirasi kita untuk memuliakan orang tua. sungguh kebaikan dan pengorbanan mereka untuk kita tidak akan pernah terbalaskan, walaupun kita memberikan gunung emas kehadapannya.

“…mamah, bapak hatur nuhun pisan kana sagala pangorbanan mamah sareng bapak, abdi mah moal tiasa males kana sagala kasaean mamah sareng bapak. mugia Alloh maparing kasehatan ka mamah sareng bapak…amin…”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s