Cara belajar yang benar…???

judul diatas bukan mengindikasikan aku tau cara belajar atau membuat anak belajar dengan benar dan menghasilkan prestasi yang baik, tapi aku cuma ingin tau dan sedikit sharing dengan apa yang orang tuaku lakukan pada anak2nya…

dulu aku dan kedua kakakku, ketika sekolah dari sejak sekolah dasar hingga lulus kuliah, belum pernah aku mendengar orang tuaku berkata, ayo belajar…!! atau kata-kata lain yang bernada menyuruh untuk belajar.

orang tuaku cuma sering menasehati dan berkata, kalo kalian bisa sekolah di negeri (maksudnya sekolah pemerintah) mamah dan bapa akan berusaha untuk menyekolahkan nepi ka kuliah. tapi kalo ga bisa dan harus ke sekolah swasta bapa dan mamah mah ga akan sanggup untuk biayain. mungkin nasehat itu yang bikin kakak2ku dan aku mau belajar sendiri hingga lulus kuliah. maklum lah pada saat itu kehidupan orang tua ku juga pas2an. hidup dengan berhutang untuk membuat anak2nya tetap bersekolah.

hmm… tapi aku merasa ga tertekan dengan seuruhan orang tua untuk belajar. kakak2ku terutama aku merasa belajar untuk diriku sendiri, karena mungkin merasa ada tanggun jawab yang harus ku penuhi dengan memberikan prestasi yang baik. yah walaupun lulus dengan hasil yang biasa ajah tapi aku tetap bersyukur, karena aku bisa lulus dengan fasilitas yang serba pas2an, walau pada saat aku kuliah orang tuaku dah ga bisa membiayai kuliah, untung kakak2ku masih mau membiayainya.

perlajaran yang kuambil dari kehidupanku ini adalah, sebuah tanggung jawab bisa membuat diri kita berusaha sekuat tenaga untuk mencapai tujuan, orang tuaku yang berani berhutang, jual harta yang ada demi anak2nya agar tetap bersekolah adalah contoh buat kami, anak2nya, untuk bisa menjaga amanah dengan baik.

aku jadi berpikir bahwa ga perlu orang tua maksa nyuruh anak2nya untuk belajar, sekolah atau apa aja. yang penting adalah menyadarkan mereka dan memberikan contoh yang baik untuk menjaga amanah pada orang tuanya terlebih pada Alloh yang telah memberikan semuanya.

semoga tulisan di akhir pekan ini bisa memjadi pelajaran buat semua terutama untuk diriku sendiri.

berani lah untuk mengambil keputusan dan bertanggung jawab atas keputusan yang telah diambil. itu sangat penting dalam hidup. karena hidup hanya sekali dan akan kita pertanggung jawabkan kepada yang memberi hidup…

moga bermanfaat…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s