Disiplin Mengatur Keuangan

Sering kali aku melihat web-webnya para financial planner, seperti safir senduk dan ligwina (dua web itu yang sering kulihat. Isinya bagus dan inspiratif. Mereka mengajarkan untuk menabung didepan, tutup hutang segera, menganjurkan investasi dan sebagainya, (untuk lengkapnya lihat saja web beliau-beliau).

Satu yang ingin saya garis bawahi disini, semua teori yang diberikan oleh para financial planner tidak akan memberikan perubahan pada pengelolaan keuangan diri kita kecuali diri kita yang berusaha untuk mematuhinya. Disiplin itulah salah satu kunci keberhasilan semuanya.

Terlalu banyak godaan untuk menggunakan uang disaat kita gajian atau menerima bagi hasil usaha. Tapi sebagai manusia yang berakal, semua ada jalannya. Untuk masalah memotong didepan untuk tabungan bisa dilakukan oleh bank, salah satu contohnya adalah Bank Syariah Mandiri yang menyediakan tabungan berencana. Dalam akadnya tabungan ini akan mentransfer dana dari tabungan induk kita besar dana yang ditransfer dan lamanya ditentukan pada awal akad. Itu salah satu cara untuk melaksanakan rencana keuangan kita.

Mungkin masih banyak produk perbankan yang ada diluaran, saya cuma memberikan satu contoh saja. Untuk menentukan produk dari bank mana yang terbaik untuk anda silakan searching dan mengamatinya.

Semakin maju teknologi semakin mempermudah kita untuk menjadi lebih baik. Sehingga tak ada alasan untuk tidak merencanakan segala hal sehingga menjadi lebih baik. Selamat berinvestasi dan selamat merencanakan kehidupan masa depan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s