UN dihapus…??!! bagaimana dengan standar pendidikan…???

Melihat aksi penolakan UN (Ujian Nasional) oleh masyarakat, terutama oleh siswa, aku menjadi bingung. Apa yang menjadi penyebab utama mereka menolak? Apakah karena ketakutan tidak lulus UN?? Ataukah ketakutan sekolah karena akan banyak siswa yang tidak lulus?? Ataukah kemalasan siswa untuk belajar?? Sulit untuk dijawab dengan jujur. Setiap pihak memiliki kepentingan dalam hal ini.

Yang menjadi heran untuk ku adalah, Ketika penolakan UN ini di amini oleh MA sehingga ,Entah kapan, tak ada UN lagi sebagai standar pendidikan nasional di Indonesia, maka dapat dipastikan bahwa pendidikan di Indonesia tidak akan pernah maju. Kemajuan suatu sistem didukung dengan adanya evaluasi atas segala hal yang telah dilakukan pemerintah sebagai penyelenggara pendidikan, sekolah dan para Guru sebagai lembaga pendidikan dan siswa sebagai objek yang dididik. Ketika target-target dari UN tidak tercapai maka dapat dengan mudah mencari penyebab utama dari masalah itu. Memang akan sulit diwujudkan ketika tidak ada komitmendari semua pihak.

Tadi pagi, ku lihat di TV bahwa dengan UN siswa menjadi korban, mental mereka terganggu karena kecemasan akan UN. Tambah heran lagi diri ini. Kalau siswa tidak boleh takut, apa tidak tambah bahaya?? Siswa akan tambah sembarangan dalam belajar, bukannya dengan seperti itu maka pendidikan akan tambah kacau???

Silakan ditanggapi masing-masing, sungguh sulit ketika semua orang takut untuk melakukan improvement dan meloncat ke keadaan yang baru yang mungkin akan lebih baik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s