Liquid masuk kompressor…,ternyata aman…?

Mungkin para pembaca rada kaget dengan judul tulisan ini. Karena yang umum diketahui kopressor adalah alat yang sensitif dengan adanya liquid. Betul, bila liquid masuk kedalam kompressor maka akan terjadi fenomena yang dinamakan water hammer, fenomena ini terjadi ketika butiran liquid terbentuk didalam kompesor, dan tekanan kuat ini membuat liquid memiliki kecepatan tinggi hingga sanggup merusak impeller komperssor pada saat berbenturan. Fenimena ini juga mungkin terjadi pada perpipaan, bahkan bila fenomena ini terjadi akan terdengar suara yang cukup kencang.

Tapi, bila liquid yang masuh kompressor itu di desain khusus, maka liquid itu akan menjaga kompressor tetap seperti baru dan performancenya akan kembali ke semula, ya mungkin ga akan persis sama dengan ketika beli, tapi setidaknya memperbaiki kinerja yang menurun. Seperti halnya fungsi mencuci pada kehidupan sehari-hari, liquid yang masuk kedalam kompressor ini memiliki fungsi yang sama, yaitu mencuci kotoran yang terbawa gas dan menjadi deposit pada blade kompressor. Deposit yang terdapat pada blade itu bisa berupa, hydrokarbon, debu atau sebagainya. Selain menurunkan performa dari kompressor, deposit dan kotoran juga akan mengakibatkan kompressor surging, surging adalah inlet gas berupa pulsasion, atau bahasa awannya mampet, sehingga kompressor low flow.

Pencucian ini dinamakan water washing, water washing bis dilakukan pada saat sistem bekerja atau on-line atau pada saat sistem berhenti atau off-line. on-line washing dilakukan pada saat parameter operasi stabil. Sistem ini dilakukan tanpa mengganggu operational. Water akan diinjeksikan pada sistem atomising, hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya eroded fluida pada blade. Kedua, Off-line washing. Off-line washing dilakukan pada saat kompresor sedang out-of service. Off-line washing akan dilakukan pada saat kompresor di crank secara manual dengan menggunakan started engine.

Water washing ini dapat menggunakan water dengan deterjent ataupun tidak. Deterjent yang digunakan bisa deterjent dengan oil based atau deterjent dengan water based. Water based deterjent effektif untuk melarutkan foulant yang berupa salt deposit. Sedangkan oil based deterjent akan bereaksi dengan foulant dan meralutkannya. Oil based deterjent tidak efektif untuk melarutkan salt deposit.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah air yang digunakan harus air demin, dan low impurities. Conduktiviti yang disarankan adalah <0,5micromhos dan pH antara 7-9 dengan total disolved solid <0.1 ppm.

demikian yang bisa ku sharing saat ini, semoga ada manfaatnya….

5 thoughts on “Liquid masuk kompressor…,ternyata aman…?

  1. Ooooo……seperti membersihkan kompressor yang ada di gas turbin ya?? Betul sekali itu, tapi biasanya diinjeksikan chemical tertentu agar pencuciannya bagus…

    Denger2 jaman dulu malah dipake beras yang dimasukkan sedikit demi sedikit untuk membersihkan sudu2 kompressor gas turbine..

    • yups…betul, pencucian ini dilakukan untuk gas turbin, bahan kimia yang dimasukan adalah sabun cuma yang tidak foaming.

      wah kalau yang pake beras baru tahu, apa sudu kompresornya ga hancur ya???

  2. Itu yang saya dengar dari operator2 disini..katanya jaman dulu sebelum pake chemical “rochem”namanya…dipake beras..dimasukkannnya juga dikit2 supaya ngga ngerusak sudu2 kompresor..

    • selamat pagi mas Heryanto,

      rochem adalah merek dari suatu produk. jadi bisa merujuk ke websitenya rochemnya sendiri. bila ddari websitenya rochem, mereka merekomendasikan 1:4 untuk kondisi online dan bisa 1:9 untuk fouling yang ringan.
      kembali saya ingatkan bahwa saya tidak ada kaitan dengan produk apapun untuk chemical cleaning dari turbine compressor, jadi rekomendasi yang tepat akan lebih baik bila ditanyakan ke agen dari chemical tersebut.
      semoga membantu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s