Deposito

Salah satu instrument investasi adalah deposito. Deposito adalah instrument yang levelnya aman tapi returnya lebih tinggi dari tabungan. Tapi mungkin ada yang agak “aneh”, karena bunga deposito satu bulan dan 3 bulan tidak berbeda jauh.salah satunya di salah satu bank swaste (BCA) deposito satu bulan adalah 5.74% dan tiga, enam dan dua belas bulan sebesar 6%, untuk deposito dibawah 2 milyar. Bila dilihat sekilas maka yang akan terlintas, deposito satu bulan akan lebih menguntungkan dibandingkan yang tiga, enam dan dua belas bulan.

Ternyata perhitungan bunga deposito tidak semudah itu. Ketika menanyakan ke CSnya BCA, mba CSnya menjelaskan bahwa perhitungan bunga deposito berdasarkan jumlah penyimpanan dana. Dengan kata lain perhitungan bunga akan dilakukan secara harian dengan bunga yang 5,75% atau 6% itu adalah bunga setahun. Jadi bunga yang dibagikan ke nasabah adalah seperti

rumus diatas adalah rumus untuk menentukan bunga yang didapat dari pokok deposito. Tapi perhitungan bungan tersebut tidak berhenti sampai disitu. Aturan BI (kata mba CSnya) adalah dana yang yang disimpan lebih dari 7.5 juta akan dikenakan pajak yang dipotong dari bunga sebesar 20%.  Sehingga rumus diatas berubah setelah didapat potong pajak menjadi seperti dibawah.

Perhitungan ini dilakukan oleh bank konvensional. Tapi setelah bertanya ke BSM (bank syariah mandiri) ternyata hitungannya adalah sama dengan bank konvensional. Perbedaan antara bank konvensional dengan bank syariah adalah besaran bunga atau bagi hasil. Apabila bank konvensional bunga yang diberikan flat selama tahun itu, sedangkan bagi hasil dari bank syariah adalah naik turun bergantung kepada hasil keuntungan dari bank tersebut. Jadi jangan kaget bila masuk kebank syariah sering dicantumkan bunga deposito berjangka ada yang 40%-50%, hal ini menunjukkan rasio tau nisbah yang di akan dibagikan antara bank dan nasabah. Apabila dikonversi ke bunga langsung maka besarannya tidak akan berbeda jauh dengan bunga bank konvensional.

Kenapa Memilih Bank Syariah??

Bank syariah, tidak menerapka bunga yang tetap untuk simpanan. sedangkan untuk pinjaman bank syariah menerapkan sistem jual beli, atau titip modal. misalkan seorang nasabah akan membeli sebuah rumah. maka ada akad yang dilakukan adalah bank membeli rumah tersebut dan bank akan menjual kembali kepada nasabah dengan keuntungan yang telah disepakati bersama. Pengalamanku ketika menabung di bank Syariah, bagi hasil yang diberikan cukup besar hingga 30,000 dari simpanan kurang dari 20.000.000. tapi bulan depannya turun lagi, tergantung keuntungan bank dan nisbah yang ditetapkan.

Saya disini bukan berperan sebagai hli perbankkan maupun ahli keuangan, ini hanya berbagi pengalaman yang pernah saya alami dan info yang pernah saya dapat. Semoga posingan saya bisa bermanfaat dan menambah pahala bagai saya.

One thought on “Deposito

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s