Penyakit Gaya Hidup

Kali ini, aku tak ingin menulis mengenai teknik kimia atau curhat colongan mengenai hidupku. Kali ini aku akan mengingatkan diri ku mengenai gaya hidupku yang membuat diri ku menderita.

Dasar utama kenapa aku ingin membahas gaya hidup yang berakibat kepada meningkatnya penyakit. Hal ini diawali karena diriku mengalami serangan asam urat seminggu kebelakang. Kakiku benngkak dan memerah, rasanya panas sakit ga karuan, hingga badan pun itu demam.

Apa sih asam urat itu, diambil dari web asamurat.org, disebutkan bahwa asam urat adalah sisa metabolisme dari purin dan merupakan zat samping yang diproduksi ketika terjadi pemecahan sel didalam darah. Didalam web tersebut disebut juga bahwa purin pada kondisi normal akan dibuang melalui urine dan feces. Tapi ketika asupan purin tinggi maka purin akan menumpuk pada sendi.

Purin banyak hadir dimakanan enak seperti jeroan,sebagian orang bilang ini makanan enak ada juga yang bilang jijik, daging2an,sayur juga ada. Secara umum purin ini ada pada makanan yang terdiri dari sel. Tinggal kadarnya saja yang besar atau tidak.

Biasanya lagi penyakit asam urat ini desertai denga radang sendi, kolesterol tinggi dan sebagainya. Balik lagi semua itu berasal dari gaya hidup yang tidak sehat, kurang olah raga hingga obesitas, jadi malu hehehehe….:P.

Jadi inget pesan Nabi masalah makan dan minum, makanlah ketika kamu lapar dan berhentilah sebelum kenyang. Ada lagi pesan Nabi yang lain, sediakan ruang diperutmu 1/3 untuk makanan, 1/3 untuk minum dan 1/3 lagi untuk udara. Intinya jangan berlebihan. secukupnya saja. Semua yang Alloh halalkan memiliki manfaat untuk tubuh manusia, tapi ketika berlebihan itu bisa menjadi malapetaka untuk diri kita.

Yuk… mulai sekarang kita jaga kesehatan…makan secukupnya hindari yang tak perlu dimakan. ingat masih ada orang yang masih sulit untuk mendapatkan makan, jangan sampai kita mambuang makanan karena kekenyangan…

Ini hanya sebuah nasehat untuk diriku,utamanya, dan yang lain bila ada yang mau baca dan mengambil manfaatnya……

2 thoughts on “Penyakit Gaya Hidup

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s