Fungsi assisted steam dalam flare

Mumpung masih jam istirahat, dan sudah lama tak menulis di blog tercinta ini, maka kuputuskan untuk menulis yang ringan-ringan saja…hehehehe kayak apa aja.

Dulu pernah aku menulis mengenai Flare, ini adalah lanjutan dari tulisan terdahulu. Walau tulisannya tidak urut semoga bisa memberikan sebuah pencerahan bagi pembacanya.

Seperti di tulisakan pada tulisan sebelumnya, fungsi utama flare adalah untuk merelease gas terutama gas yang berbahaya seperti hydrocarbon, toxic gas dan sebagainya, agar pabrik tetap aman dan dapat mengurangi pencemaran akibat adanya release gas ketika pabrik bermasalah,upset. Pembakaran gas yang di lepaskan pabrik harus bisa terbakar dengan baik pada kecepatan, kondisi turbulence dan konsentrasi yang banyak. Untuk itu perlu pencampuran yang baik antara gas dan udara sebagai salah satu komponen terbentuknya api. Api biasanya di picu oleh sebuah pilot yang akan menyala setiap saat, tentuk ketika pabriknya tidak shut down, agar flare selalu siap kapanpun ketika pabrik mengalami kondisi darurat.

Untuk mendapatkan pencampuran udara dan gas dengan baik dan menjaga kondisi api tetap stabil maka biasaya pada flare diletakan steam assited atau air assited, tergantung kebutuhan, atau ada juga yang tidak menggunakan assisted, asal kondisinya memang tidak membutuhkan dengan catatan bahwa api tetap stabil dan tidak terjadi smoke pada pembakarannya.

Api yang tidak stabil akan berakibat internal burning maupun external burning. Untuk gas flare dengan kandungan Hydrogen tinggi atau heating value yang dapat digunakan exit velocity yang tinggi karena lebih mudah terbakar dibandingkan dengan gas flare yang lebih berat.

Beberapa flare yang tidak menggunakan assisted biasanya menggunakan refractory untuk mengurangi heating value yang dapat merusak flare stack. Penggunaan wind sheild juga dilakukan untuk mengurangi terjadinya flame distorsion sehingga flame bisa stabil.

Untuk lebih detailnya bisa dilihat pada API 537 tentang detail dari flare dan di internet, tak memberikan solusi😛, berhubung telah masuhk jam kerja lagi maka sekian dulu semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s