Pelajaran dari seorang senior

Terkadang ketika lingkungan tidak berubah sama sekali, diri ini akan menjadi superman, yang segala tahu. Sehingga pada akhirnya akan mengakibatkan jatuh tak tertolong kedalam lembah yang dalam. Lembah itu dinamakan dengan kesombongan dan angkuh.

Ketika keangkuhan dan kesombongan itu datang, maka “safety device” harus bekerja agar kepala tidak terlalu membesar yang pada akhirnya akan meledak. “safety device” ini sering dinamakan dengan teguran, nasehat, tentu dari yang lebih ahli atau lebih tahu. Dengan mengalami teguran dan makian maka kepala yang asalnya angkuh tak tertolong itu pun bisa mereda dan terhenti membesar atau bahkan mengecil, dan akhirnya mengakui kelemahan dan kefakiran dirinya tersebut.

Intinya, jangan pernah sombong karena diatas kemampuan kita ada kemampuan orang lain yang lebih tinggi bahkan tak terjangkau dengan kemampuan kita. Kesombongan hanya akan membawa diri ini kedalam jurang yang membuat kita tak pernah tahu kelemahan dan kekurangan ini. Penting untuk mengetahui kelemahan diri agar selalu ada usaha untuk memperbaiki diri dan menambah pengetahuan. Tapi mengetahui kelebihan juga sama pentingnya agar diri ini tidak menjadi minder dan rendah diri. Semua harus balance bila tidak makan akan terjadi vibrasi yang akan mengganggu proses dari kehidupan ini.

Tetap percaya diri agar bisa melakukan sesuatu dengan semangat dan tetap rendah hati untuk selalu bisa menerima nasihat dari luar.

Sumber: dari pengalaman pribadi yan ditegur oleh seorang senior di Tuban. Terima kasih mas…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s