Jalan-jalan ke kuningan

sudah lama tidak mengisi blog ini, saranya kangen sekali untuk menulis lagi (lebay mode :on). ini ceritanya tentang liburan lagi (padahal misi awalnya blog ini untuk berbagi ilmu, tapi sudah terlanjur ya wes nulis yang ada aja).

ini cerita ketika ada hari kejepit pada akhir tahun 2012 dan awal 2013, karena kebetulan ada hari kejepit libur sabtu minggu dan tahun baru, sekalian saja bablas hari seninnya ikut libur.

liburan kali ini aku, istri dan anakku yang cuantik, pulang kampung ke kuningan (kampung halaman istri). dari jakarta sudah direncanakan kalau ke kuningan aku mau jalan-jalan, pokoknya jalan-jalan. ini sekadar balas dendam karena sejak aku nikah sama istriku belum pernah ada kesempatan untuk explore kuningan.

deskripsi singkat, kuningan dengan jargon kuningan asri (apa ya kepanjangannya tanya istri dulu ah..) merupakan kota yang berada dikaki gunung ceremai. kalau dari cirebon kearah selatan sekitar 1-1.5 jam, tapi kalau menggunakan elf (angkutan umum) mungkin akan lebih lama. udaranya cukup dingin maklum berada dikaki gunung. kalau pagi-pagi membuat setiap orang malas untuk mandi brrrrr…dingin.

kuningan memang terkenal dengan wisata alamnya, kulinernya tidak terlalu berbeda dengan kota di parahyangan lainnya, hanya beda pada penamaan dan bagi sebagian orang mungkin namannya lucu (sebenarnya aku yang bilang lucu sampe suka debat sama istri #hammer). salah satu makanan yang cukup terkenal adalah hucap atau tahu kecap kalau ke bandung atau ke tasik bentuknya tidak terlalu beda dengan kupat tahu. selain itu ada lagi yang namanya nasi lengko, ini adalah makanan yang isinya terdiri dari nasi, dengan sayuran mentah plus tempe yang disiram bumbu kacang (bumbunya mirip dengan bumbu hucap).dua makanan ini yang menurut ku makyuussss….

salah satu warung hucap dan nasi lengko yang terkenal adalah warung hucap ibu iroh. letaknya sekitaran taman kota (lupa nama jalannya apa #hammer), harganya cukup murah, satu porsi hucap atau nasi lengko di bandrol dengan harga tujuh (7) ribu rupiah.

setelah kenyang, mari jalan-jalan ketempat wisata, sekalian pulang ke rumah setelah lelah sarapan di taman kota, kami sekeluarga mampir ke waduk darma, kebetulan sangat dekat dengan rumah mertua jadi sekalian pulang. wisata ini isinya adalah sebuah danau, kalau ga salah danau ini pada awalnya digunakan untuk irigasi pesawahan di kuningan. sayangnya fasilitas disini kurang, hanya ada tempat peyewaan perahu untuk keliling danau, dan warung makan. Biasanya pada hari minggu, waduk darma sering dipenuhi oleh penduduk sekitar untuk sekedar berwisata sekalian olah raga pagi.

Lokasi lain yang cukup dekat dengan Waduk Darma adalah kolah keramat Dharmaloka. Balong atau kolam ini dianggap kerama karena ada sebuat kuburan yang konon katanya merupakan utusan walisanga untuk menyebarkan agama islam di daerah jawa barat. Selain itu, kolam ini memiliki ikan yang dianggap keramat juga, kancra bodas yang konon katanya akan menhilang ketika kolam itu habis airnya dan akan muncul kembali ketika airnya melimpah.

Sayangnya untuk sebuah tempat Ziarah, tempat ini terlihat angker karena tidak terawat. jalanan yang dibuat dari bebatuan bukannya menamha indah pemandangan tapi malah menambah bahaya karena bila musim hujan datang jalanan menjadi licin. Ditambah lagi pada ibu-ibu penjaja makanan yang setengah maksa dalam berdagang akan membuat wisatawan menjadi malas untuk berlama-lama ditempat ini. Sungguh sayang sekali, padahal kalau dilihat tempat ini enak sekali untuk sekedar melepas penat, dengan udaranya yang dingin, melihat ikan-ikan yang berrenang kesana-kemari sangat membuat betah.

Akhirnya setelah lelah dan hari pun sudah cukup panas untuk membawa anakku jalan-jalan, kami pun pulang kerumah dengan perasaan senang walau ada gurat kekecewaan dalam hati. kecewa karena ada pihak-pihak yang berwenang tapi tidak peduli dengan lingkungan sekitarnya.

semoga nanti Gubernur yang baru bisa lebih tegas untuk “memaksa” anak buahnya bekerja untuk mejadi pelayan rakyai. Lho kok jagi urusan politik…

udah dulu deh kalau gitu, dari pada ngacapruk kemana-mana…

kalau ada kata-kata yang salah mohon dimaafkan dan dikoreksi.salam….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s