Penemuan Sumur Zamzam

Sumur zamzam

Sumur zamzam, yang airnya selalu jadi oleh-oleh jamaah haji untuk keluarga dan sahabat di rumah, merupakan mata air “ajaib” yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh tidak hanya melegakan dari rasa haus, tapi dapat mengeyangkan. Selain itu ada hadist nabi yang menyebutkan bahwa meminum air zamzam dapat membuat do’a terkabul, melimpahkan rejeki dan menyembuhkan penyakit. Hal tersebut telah dikatakan nabi dalam hadistnya.

Suku Qurasy adalah penguasa makkah sebelum nabi dilahirkan. Pada suku teraebut terbagi dalam beberapa suku yang lebih kecil, dan setiap suku ini punya tanggung jawab yang berbeda, ada yang tugasnya mengganti kiswah, ada yang menyiapkan dan minun dan sebagainya. Abdul mutholib kakek dari nabi merupakan penanggung jawab makanan dan minuman jamaah haji. Setiap tahun abdul mutholib menyediakan air untuk minum. Untuk memenuhi kebutuhan air ini abdul mutholib mengambil air dari luar makkah, karena makkah terkenal merupakn lembah yang sangat kering, curah hujan yang sedikit menjadi masalah, bila hujan turun air pun langsung menyerap kedalam tanah.

Pada masa abdul mutholib menjadi penanggung jawab makan dan minum jamaah haji, sumur zamzam telah hilang beberapa puluh tahun kebelakang, akibat peperangan antara pemimpin makkah dari suku jurhum dengan musuhnyabyang mengakibatkan dia terusir dari makkah, sebagai salah satu strateginya sumur zamzam yang menjadi penghidupan sejak berabad-abad dia kubur beserta harta miliknya.

Pada suatu hari abdul.mutholib tidur di hijr ismail, dan kemudian bermimpi tentang penggalian sumur zamzam, pada mimpinya itu abdul mutholib mendapatkan nama zamzam berbeda-beda mulai dari thayyibah, birrah, al-madhnunah dan kemudian zamzam. Dalam mimpinya abduk mutholib menanyakan apa yang harus digali, karena sumur zamzam telah hilang berabad-abad sehingga ada kemungkinan tidak dikenal pada saat itu. Pada mimpi terakhir disebutkan bahwa zamzam adalah air yang tidak kering dan tidak meluap, air ini bisa memberi minum para jamaah haji. 

Lokasi penggalian pun disebutkan didalan mimpi abdul mutholib yaitu sumur zamzam ada diantara kotoran dan darah, diparuh gagak yang tuli, disarang semut. Bagi abdul mutholib lokasi tersebut sangat jelas. Antara kotoran dan darah berarti airnya mengenyangkan dan menyembuhkan, paruh gagak yangvtuli artinya menurut hadist adalah seorang habasyah yang berbetis kecil akan menghancurkan ka’bah dan sarang semut bermakna tempat yang akan di kerumungi banyak orang. Dan tempat yang tidak bisa ditanami. Setelah mencari lokasi penggalian abdul mutholib memilih tempat korban antara patung asaf dan nailah. Pada saat penggalian abdul mutholib diprotes oleh orang qurasy lainnya karena menggali disekitar patung berhala mereka, akhirnya abdul mutholib memerintahkan anak sulungnya al harits selama abdul mutholib menggali sumur, akhirnya abdul mutholib pun menemukan patung rusa dari emas dan hebohlah qurasy, meminta bagian. Tapi, abdul mutholib tidak membaginya begitu saja, dia bilang carilah hakim untuk memutuskan hal ini, akhirnya kaum qurasy lainnya memutuskan untuk mengangkat pendeta ditepian negeri syam sebagai hakim. 

Berangkatlah bani abdi manaf dengan abdul mutholib dan suku qurasy lainnya, ditengah jalan kabilah bani manaf kehabisan bekal minum, mereka meminta bantuan ke suku qurasy lainnya, tapi mereka tidak mau membantu, bani abdi manaf pun pasrah dan menggali kubur untuk masing-masing. Dalam penantian ajal abdul mutholib berkata sungguh lemah kita ini berpangku tangan hanya menunggu ajal, mari bangkit, semoga Alloh memberi kita air. Setelah berkata demikian abdul muthplib naik untanya, dan ketika kaki unta melangkah muncullah air, akhirnya bani abdi manaf turun untuk mengambil air dan minum, begitu juga bani qurasy lainnya. Mereka pun mengakui bahwa Alloh memberikan air itu untuk abdul mutholib.

Demikian ringkasan penemuan sumur zamzam, semoga dapat membantu bagi yang memerlukan.
Dikutip dari sejarah ka’bah dati prof. Dr. Ali husni al-kharbuthli

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s